Melihat Miniatur Kereta Api di Floating Market Bandung.



Seminggu lalu saya kotak-katik hape, niatnya mau ngosongin memori. Eh, malah ketemu foto-foto lama. Foto waktu kita liburan ke taman miniatur kereta api di Floating Market Lembang Bandung.

Kalau ngomongin soal Lembang pasti yang kebayang udara sejuk,  jalan berbukit-bukit dan tempat wisata. Soalnya tempat wisata di Bandung itu terpusat salah satunya di Lembang, walaupun banyak juga yang tersebar dibeberapa titik tapi tetap Lembang selalu jadi rujukan.

Nah, salah satu tempat wisata populer di Lembang adalah Floating Market. Itu lo tempat wisata yang terkenal dengan warung terapungnya. Unik banget dan cuma satu-satunya di Bandung. Di dalam floating market ada banyak tujuan wisata misalnya kolam renang khusus hijaber, kota mini, rainbow garden, kano, taman kelinci, sepeda air, kampung kandang, outbond dan taman miniatur kereta api. Yang mau saya ceritain kali ini adalah tentang taman miniatur kereta api, yang lainnya kita skip dulu ya.

Coba sini, yang anaknya penggemar kereta api mana suaranya?
Kereta api memang selalu punya daya tarik sendiri khususnya bagi anak-anak. Bentuknya yang unik serta suaranya yang khas. Maka, taman ini tolong letakkan di prioritas kunjungan bagi keluarga yang anaknya train enthusiast atau yang populer dengan istilah railfans.


dokumentasi pribadi


Harga Tiket Masuk Floating Market dan  Taman Miniatur Kereta Api

Untuk Floating market, tiket masuknya IDR 20.000 weekday dan IDR 25.000 weekend.
Tidak termasuk biaya parkir kendaraan.I 10.000 untuk roda empat dan IDR 5.000 untuk roda dua. Sementara untuk taman miniatur kereta api sendiri biaya masuknya IDR 25.000/orang. Jadi, harus siapkan dana 50.000 - 60.000/orang untuk bisa masuk dan melihat miniatur kereta api di sini.
Mahal? Jangan takut, terbayar kok sama pengalaman yang didapat.



Ada Apa Saja di Dalam Taman Miniatur Kereta Api?

Sebelum masuk ke dalam taman, kita disuguhi maket kereta api dari beragam jenis lengkap dengan sejarah pendek tentang perkereta apian di Jawa barat. Kita juga akan disambut dengan suara nyaring dari suling lokomotif yang dipertegas dengan speaker di dekat pintu masuk taman.



Taman ini dibuat detail dan mirip dengan geografis Bandung. Ada miniatur alun-alun, planetarium Boscha, dan lain-lain. Ada juga stasiun barang yang dibuat sangat mirip dengan aslinya.
Jenis keretanya beragam, ada kereta barang, kereta penumpang bahkan MRT juga ada lo. Miniatur ini dibuat dengan skala 1:24 dari ukuran aslinya. Sehingga tetap tak mengurangi keunikan bentuknya.
Masing-masing kereta berjalan di rel yang berbeda. Ada dua kereta sekaligus yang beroperasi di waktu yang sama. Disetiap perhentian akan ada suara pemberitahuan dari ruang kendali kereta. Mirip suara panggilan kaya di stasiun aslinya!

Kalau kesini jangan lupa bawa perlengkapan dokumentasi ya. Rugiiiiii banget kalau sampai terlewat mengabadikan. 

Tonton video dibawah ini dulu yuk.




Nah bagaimana, taman miniatur kereta api wajib masuk ke dalam wishlist liburan untuk anak, kan?

Salam,
Hasiah Zen


29 Comments

  1. Sudah ke Bandung cuman rasanya kayak kurang lengkap ya kalau belum main kesini, hmmm

    ReplyDelete
  2. Waktu keluarga saya liburan ke Floating Market, kami berada di wahana miniatur kereta api tersebut dalam waktu yang lama.
    Anak saya gemar dengan kereta api. Bahkan kami sempat ke ruang kontrolnya dan berbincang dengan pemilik Floating Market. Beliau begitu humble menceritakan koleksi kereta api mini miliknya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren bisa ngulik langsung dari ownernya

      Delete
  3. Floating market ya namanya, Mbak. Bisa diakses dengan kendaraan umum nggak? Kayak gojek atau grab misalnya. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Akuuu mbak, anakku freak banget sama kereta. Semua mainannya kereta, apalagi thomas. Bahkan cita2nya mau jadi masinis. Ditunjukin kendaraan lain tetep jawabannya. Klo diajak kesini, ga kebayang senengnya kaya apa. Tapi kok dibandung toh, jauuhh

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuun lucu banget sih. Anakku pasti excited banget ini mah. Bentar lagi musim liburan pula, ke floating market aja apa ya? #eh heheh

    ReplyDelete
  6. Iya nih Mbak. Bagus sekali ya. Liburan ini kami juga ke jakarta naik kereta. Anak-anak seneng banget. Secara di kota kami tidak dilewati kereta, jadi kami harus ke kota propinsi dulu untuk bisa naik kereta. Kalau ada wisata miniatur begini, pasti pada seneng.

    ReplyDelete
  7. 2 kali ke floating market kok saya gak ngeuh sama ini, yampun berarti masih belum menjelajahi semua nih. emang luas sih, kadang saya gak ngeuh asal lewat aja, haha. nanti kesana mau ajak ponakan ah, sahabat kereta dia tuh, pasti seneng. makasih bun infonya.

    ReplyDelete
  8. Aku udah pernah ke sini dan emang asli keren mba. Anakku yg kecil sampe gak mau pulang hehehe... udaranya sejuk, bikin betah pula.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, keren banget tempatnya. Ngajakin anak-anak ke sini, mereka pasti senang sekali (eh, emaknya juga ding..). Bisa jadi next destination, nih kalau ke Bandung.

    ReplyDelete
  10. Paksu kalau diajakin ke sini bisa hepi ih, secara dia suka bangets sama kereta api dari kecil katanya. Sampai punya game-nya, meski enggak samapi koleksi mainannya. Makasih infonya Mbak, kapan-kapan bisa jadi rujukan saat ke Bandung

    ReplyDelete
  11. Anakku yang kecil nih suka banegt dengan kereta api. Kalau diajak naik kereta api maunya nggak turun-turun, ikut lagi sampek keretanya berhenti. Kata dia suara kereta api di rel itu asyik. Hihi ... kapan-kapan ke sana ah, biar makin puas melihat dan bisa bertanya langsung.

    ReplyDelete
  12. Yang penggemar kereta api bukan cuma anak saya mbak, saya dan suami juga suka. Kalau disuruh milih naik kereta apai atau naik pesawat, jujur saya milih kereta api. Ah andai ada kereta api dari Makassar ke Bandung, oh senangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, harus bikin jembatan rel menyeberangi pulau-pulau yak :)

      Delete
  13. Wah kpn hr ke Bandung gk mampor sini. Lucu ya mb, next deh msk wishlist

    ReplyDelete
  14. Wahwahwah ini harus dikunjungi nih. Soalnya miniatur keretanya bener-bener keren

    ReplyDelete
  15. Wahhh saya baru dengar nama tempat ini. Jadi penasaran pengen kesana juga deh

    ReplyDelete