OYO Tips: Liburan Nyaman Bersama Balita

Source: Feeepik.com

Sebentar lagi libur panjang nih, sudah ada rencana mau liburan bersama keluarga?
Sebagai keluarga traveller, saya dan suami terbiasa melakukan perjalanan ke luar kota untuk mencoba berbagai tempat wisata. Tak ketinggalan ikut dibawa pula, si sulung 5th dan adik bayi 7bulan.

Bahkan dulu waktu hamil anak kedua, saat kandungan jalan 5 bulan kami masih travelling menggunakan mobil pribadi dari Wonosobo ke Palembang. Tentunya pastikan kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat dan prima ya.

Melihat duo ndoro putri sering diajak keliling-keliling, sebagian teman kerap memberikan komentar seperti: memang ga ribet ya bawa balita dan bayi? Rewel ga itu bayinya? Emang ga dititipin? Dan sejenisnya. Padahal nih, kita travelling malah tujuannya agar si kecil tahu kalo Indonesia itu luas dan indah, agar tumbuh jiwa penjelajahnya dan agar mereka juga merasakan pengalaman baru di tempat baru.

Karena itu saya ingin membagi tips liburan nyaman bersama balita.

1. Tentukan jadwal.

Tujuan kita akan kemana, berapa hari, naik apa, ngapain aja. Sehingga, orang tua punya space untuk menyiapkan perbekalan dan kesepakatan pijakan waktu bersama si kecil. Kesepakatan pijakan waktu yang saya maksud misal: "kakak, besok bunda akan bangunkan kakak lebih pagi ya karena kita akan melakukan perjalanan ke pantai. Nanti di perjalanan, kakak boleh lanjutkan tidurnya."
Ini bisa mengurangi efek rewel anak karena merasa tidurnya belum cukup.


Pantai pok tunggal, Yogyakarta


Sebaiknya, pilih waktu perjalanan pada jam tidur anak. Tujuannya agar anak bisa beristirahat di dalam kendaraan. Mood yang baik bisa kita mulai bahkan sejak masa persiapan ini loh.

2. Membuat list barang yang akan di bawa, terutama kebutuhan si kecil.

Selimut dan baju hangat bisa dimasukkan ke dalam list jika kita akan melakukan camping atau akan menuju ke daerah berhawa sejuk. Juga obat-obatan, setidaknya berjaga-jaga untuk hal tak terduga nantinya. Tak ada salahnya juga membawa mainan dan camilan kegemarannya. Apalagi jika perjalanan ini kita tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Selama masa perjalanan anak tetap bisa beraktivitas di dalam mobil, bermain permainan sederhana dan membaca buku cerita, sambil memakan camilan misalnya.

Tapi, tentu akan berbeda jika kita melakukan perjalanan dengan kendaraan umum. Tetap pastikan anak nyaman selama di perjalanan dengan mengajaknya berinteraksi. Bisa dengan bernyanyi bersama atau menceritakan apa saja yang kita lihat selama di kendaraan.

3. Beristirahat beberapa kali.

Berhentilah di rest area yang nyaman dan ada ruang terbuka. Bukan sekedar untuk melepas penat selama berkendara, tapi juga memberi kesempatan si kecil untuk bergerak bebas. Karena fitrahnya anak itu suka bergerak, bahkan selama masa perjalanan pun anak-anak tetap butuh space untuk menuntaskan haus geraknya. Ini penting untuk menjaga mood anak tetap baik.

4. Pisahkan barang-barang si kecil dengan barang milik orang tua.


Tujuannya agar lebih mudah dijangkau saat dibutuhkan. Pisahkan juga barang yang akan digunakan hanya saat di perjalanan saja, dengan barang yang akan digunakan selama di penginapan. Saya biasanya packing pakaian kakak dan adik dalam tas terpisah, dibedakan dengan barang-barang yang bisa digunakan saat di mobil. Sediakan satu tas khusus untuk selama masa perjalanan, berisi: baju ganti, handuk, tisu basah, popok, minyak telon, krim ruam, perlak, dan obat-obatan yang bisa saja berguna.

5. Jika memungkinkan, bawalah stroller dan babycarrier yang multi fungsi.

Karena pasukan saya ada balita dan bayi, maka saya butuh dobel perlengkapan. Nah, stroller di sini bisa sangat membantu saat si kecil mulai rewel karena lelah. Sedangkan untuk adik bayi, saya membawa gendongan jenis SSC (Soft Structure Carrier) yang bisa digunakan dengan teknik frontcarry dan backcarry jadi bisa gantian gendong sama ayah.



6. Pilih tempat menginap yang nyaman.

Liburan tentu bukan melulu soal tempat wisata. Tapi juga penginapan yang nyaman, betul kan? Kami biasanya mempercayakan pada OYOrooms untuk urusan penginapan. Ada banyak pilihan hotel di berbagai kota dengan fasilitas yang kids friendly. Apalagi sekarang jaringan OYO sudah tersebar luas di kota-kota besar di pulau Jawa terutama. Tinggal pilih mana yang terdekat dengan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Jangan lupa cek juga fasilitas yang selalu dibutuhkan orangtua dan balita, misalnya air hangat di kamar mandi, tempat tidur tipe family, kolam renang, bathtub, kamar yang luas untuk tempat anak bermain dengan leluasa dan lain sebagainya.


Saya ingin berbagi pengalaman menginap di salah satu hotel di Yogyakarta yang kami booking menggunakan aplikasi OYO. Hotel yang terletak di tengah kota Yogyakarta ini terhitung nyaman untuk keluarga traveller. Saya ambil kamar suite triple dengan pembayaran di tempat. Waktu masuk ke kamar saya kaget karena kamarnya luas banget.

Selain tempat tidur, lemari, kursi santai dan meja, masih ada space yang lumayan dimana anak-anak bisa main di lantai. Cocok bangetlah ini. Air hangat di kamar mandi juga selalu ready, ini dibutuhkan banget untuk yang bawa bayi. Selain itu, kamar tipe family-nya terletak di lantai dasar. Sangat membantu orang tua rempong kaya kami ini. Jadi ga perlu naik turun tangga untuk ambil keperluan di mobil, belum lagi tau ya kebiasaan anak-anak, kalo lihat tangga tuh seneng banget naik-turun-naik-turun. Huhuhu. Udah jangan dibayangin, kamu ga akan kuat.

Ulwa dan Naila di kamar suite triple OYO 512
Plusnya lagi saat anak-anak rusuh dikamar atau lagi tantrum jadi tidak mengganggu penghuni kamar yang lain. Begitulah, perjalanan dengan anak-anak memang penuh hal tak terduga Dan karena letaknya di lantai dasar, jadi kita bisa leluasa duduk-duduk di lobby sambil nungguin yang dagang makanan lewat, hihihi. Atau kalo ingin makan di resto sekitar, cukup dengan jalan kaki saja. Kebetulan hotel ini letaknya strategis, berdekatan dengan tempat-tempat makan yang hits. Juga berdekatan dengan Jogokariyan, itu loh wisata kampung religi yang belakangan lagi ramai di sosmed.
Liburan bulan depan, kami masih bingung nih mau ke Surabaya atau Bandung. Tempat tujuan sih sudah masuk list, mau kemana kemananya karena dua kota ini sama-sama menarik untuk di kunjungi. Lihat nanti deh, yang penting selama ada OYO nginep di kota manapun ga khawatir. Ya kan?

________
*Artikel ini diikut sertakan dalam OYO Blog Competition 2019

#OYOBlogCompetitions
#pastiadaoyo
#oyoindonesia


1 Comments