Kelas Blog Review by JA

November 17, 2019


Bulan Oktober lalu aku join training online belajar mereview yang dipromotori oleh Joeragan Artikel. Lagi-lagi, dimentoring oleh kak Rahayu Asda. Kak Ayu juga dulu pernah menjadi mentorku di kelas blog for beginner.

Pertanyaan pertama yang diajukan kak Ayu saat pembukaan kelas Blog Review adalah: sudah pernah mereview sebelumnya? Aku jawab aja ‘belum’. Ya gimana, aku tuh belajar nulis otodidak. Ga ada ilmunya buat review-reviewan, hehehe..

Walaupun sebetulnya aku pernah kok mereview, dan akhirnya kupajang di blogku. Tau ga aku mereview apa? Itu lo, tentang Sinsu Amazing Theme Park. Tulisan yang aku launching tanggal 12 Oktober itu sampai sekarang viewnya sudah mencapai 298 kali tayang.

Balik ke kelas blog review nih, kelas ini tuh bagus banget untuk yang mau serius nge-review. Gimana nggak, kita di ajarin bukan cuma teknis nulis reviewnya kaya copy writing gitu, tapi juga diajarin teknik SEO. Ish, aku ga kefikiran sebelumnya buat praktekin SEO. Taunya nulis, ngisi blog. Ternyata dengan menguasai ilmu per-SEOan, tulisan kita akan lebih mudah ditemukan orang. Dan imbasnya akan meningkatkan PV blog kita.

Satu lagi, di kelas blog review aku juga diajarin cara masang banner iklan. Bukan dari ads ya, tapi yang iklan mandiri gitu. Hihihi, ini tuh buat apa tau ga? Ya buat mancing duit lah, wkwkwkwk. Sudah pada tau kan kalo salah satu sumber ‘devisa’ yang kita dapet pas nge-blog ya dari iklan ini.

Buat kalian yang ingin serius belajar nge-review, kelas ini oke banget. Materinya ok, mentornya ok, penugasannya juga ok. Dengan catatan, kalian harus mau proaktif. Karena mentor kita kak Ayu ga akan melambat menunggu murid-muridnya yang lelet dan bandel ga mau ngerjain tugas, kaya aku (tutup muka).

Akhirnya, aku ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Tim Joeragan Artikel yang telah membuat program kece kelas Blog Review. Sampai ketemu di kelas yang lainnya!

You Might Also Like

0 Comments

Social Media

Member of

Pasukan Blogger @JoeraganArtikel

KEB ( Komunitas Emak Blogger)

Mom Influencer Indonesia

IIDN (Ibu Ibu Doyan Nulis)

Popular Posts