Sinsu Amazing Theme Park, Destinasi Piknik Terbaru di Wonosobo-Temanggung


Senang ga sih lihat anak aktif lari-larian, itu kan tandanya anak kita sehat. Bukan begitu buibu? Tapi kadang rusuh juga kalo lari-lariannya di dalam rumah. Yang ada nabrak pintulah, nyenggol lemarilah, malah pernah nginjek tangan adek bayinya yang lagi asik tengkurap! (langsung heboh serumah).

Membayangkan anak-anak bisa berlarian di ruang terbuka, yang kalo jatuh ga perlu nangis meringis ringis. Malah pinginnya bisa ngejatuhin diri sambil gulung-gulung, hehehe..

Minggu lalu kita piknik tipis tipis ke Sinsu Amazing Park. Masih masuk wilayah Kab. Wonosobo, tepatnya di desa Reco dekat perbatasan Kab. Temanggung.
Taman ini termasuk baru, seingat saya pertama kali lihat spanduk openingnya setelah Idul Fitri kemarin. Artinya baru beroperasi sekitar 4-5 bulan belakangan. Tapi kita baru kali ini menjejakkan kaki di sini. Semoga ga telat ya reviewnya.

Sinsu Family Park 

Kalo dari arah kertek Wonosobo, posisi taman ini ada di kanan jalan. Jalur menuju ke tempat ini adalah jalur panjang yang menanjak. Selalu ceki ceki rem dan bahan bakar, karena jalanan menanjak menghabiskan lebih banyak energi kendaraan.

Hati-hati bablas ya, pemandangan yang membentang di kiri kanan jalan ini benar-benar menghipnotis. Jajaran bukit berbaris rapi dengan pohon-pohon yang dari kejauhan terlihat serupa segitiga.



Berseberangan dengan itu, di kanan jalan terbentang lembah dipayungi awan dan kabut. Berpagar rumpun teh milik PT Teh Tambi dengan aroma yang unik.

Dari area parkir dan jalan masuk menuju taman ini, terlihat sekali kalo area ini baru atau masih dalam proses pembangunan. Kami saja sempat kelewat, karena memang tidak nampak marka yang menandakan keberadaan taman ini dari jalan raya.


History

Area ini di bangun di atas lahan seluas 3,2H. Berdiri di antara gunung Sindoro dan Sumbing, membuat taman ini berada di posisi strategis selain karena didukung hawa sejuknya.


Potensi alam itulah yang sedang coba dieksplor oleh pihak pengelola, seperti dikatakan Direktur Sindoro Sumbing Amazing Theme Park saat peletakan batu pertama pada November 2018, (dikutip dari Tribun Jateng).

Selain itu, letak objek wisata di Kabupaten Wonosobo yang letaknya saling berjauhan semakin menguatkan animo masyarakat akan kebutuhan tempat wisata baru.

Ticketing

Dari area parkir, kita menuju loket tempat pembelian tiket. Tiket masuk di patok 15ribu/kepala kecuali untuk anak di bawah 2 tahun, gratis. Tiket ini sekaligus mendapat free air minum kemasan botol 150ml. Sedangkan parkir mobil tiketnya terpisah, 5ribu saja dan dibayar saat mobil memasuki area parkir.


jalur khusus stroller dan kursi roda

Kalo di tempat wisata biasanya saya bawa stroller untuk jaga-jaga kalo anak-anak kelelahan dan kita sudah kehabisan tenaga untuk gendong gendong. Nah disini di sediakan jalur khusus stroller atau jalur yang juga untuk pengguna kursi roda. Oke banget kan? Jalur stroller ini menghubungkan antara loket dengan area utama, batasnya adalah pintu masuk kedua.
Di pintu masuk kedua tiket kita di cek ulang, ada petugas yang jaga di sini.
Nah setelah itu baru deh kita bisa masuk ke lahan utama.
Yuk lanjut, kita intip ke dalam kira-kira ada apa saja ya?


Area Utama

Sepertinya taman ini memang didesain untuk keluarga, kenapa saya bilang begitu? Karena pemandangan pertama yang disuguhkan adalah kolam renang anak dengan kedalaman tak sampai satu meter. Di sebelah selatannya ada saung besar, mungkin ditujukan untuk pengunjung yang ingin mengadakan even. Taksiran saya muat sekitar 50 orang. Noted, bisa buat meet up komunitas nih. Di sisi timurnya ada mini theater yang sepertinya di rancang untuk pertunjukan, tapi inipun masih dalam pembangunan.

pemandangan pertama saat masuk ke area utama

Di sebelah utaranya yang terbelah oleh jalan utama, ada ruang terbuka yang tanahnya ditumbuhi rumput jepang. Tampak asri dan terawat. Kan...jadi pingin guling guling pakai baju peri. Hihihi...
Di situ tergeletak beberapa ban bekas. Kira-kira seukuran ban truk atau yang lebih besar dari itu. Tapi, ini bannya kelihatan mengkilap sekali seperti sengaja dipoles untuk dijadikan permainan. Tak tahu juga bagaimana persisnya cara bermain dengan tumpukan ban ini. Tapi melihat beberapa pengunjung, mereka menggunakan ban-ban ini untuk berselfie.

Di pojokan tanah berumput ini, setelah menyebrangi jalan utama tersedia toilet dan mushola yang masing-masing untuk laki dan perempuan. Airnya bersih dan berlimpah, yalah kalo soal air di Wonosobo alhamdulillah ga pernah bermasalah ya.

Airnya jernih, berlimpah, mengalir terus dari atas gunung sana yang kadang juga dimanfaatkan penduduk untuk mengisi kolam ikan air tawar atau yang biasa disebut blumbang.

Kembali ke area utama Sinsu Family Park. Di tepian lahan terbuka, ada beberapa saung kecil yang kira-kira muat untuk 4 orang. Saung saung ini terbuat dari kayu dengan atap sepertinya dari daun nipah. Saya yang membawa bayi 4 bulan sangat terbantu dengan saung ini, barang yang segambreng banyaknya bisa di simpan dengan aman sambil saya beristirahat menyusui si bayi.

Lalu lurus ke timur dari jalan utama, ada persewaan otopet, pedicab dan motor mini. Tarif sewanya beragam, untuk otopet tarifnya 15ribu rupiah/jam, sedangkan sewa pedicab dan motor mini cukup 10ribu saja. Terdapat juga playground dengan mainan perosotan, ayunan, spider climb dan crawling alias arena merayap. Dijamin bikin betah anak-anak.

keliling-keliling naik otopet, asyiiiik!




lihat foto-foto lebih lengkap di sini

Ada juga permainan becak air, tapi sepertinya arenanya belum selesai dibangun. Terlihat dari tiruan kapal laut di atasnya yang baru rampung sebagian. Mungkin arena ini akan siap dalam beberapa bulan.
Terakhir, di sudut timur paling ujung ada kantin yang menyediakan bermacam makanan ringan dan aneka minuman.

Berapa bintang untuk Sinsu Family Park?

Sinsu Family Park ini cocok sekali untuk tempat bersantai keluarga, arisan, dan kumpul kerabat. Karena yang biasa bawa pasukan kaya saya nih jadi tak perlu khawatir anak-anak bermain dimana, bermain apa. Di sini tersedia lengkap, plus juga tempatnya aman, bersih dan terawat.

lihat deh backgroundnya, kerasa sejuk banget ga sih?

Hawa sejuk karena Sinsu Park berada di daerah pegunungan mampu menutupi kegersangan tempat ini. Aduh sampai lupa kasih tahu, sebaiknya ke sini pagi-pagi ya. Soalnya di sini masih gersang, ga ada pepohonan.
Kalo datangnya agak siangan, jangan lupa bawa penutup kepala; topi, payung atau apa saja apalagi kalo pas cuaca cerah. Tapi tenang, sama sekali ga mengurangi kesejukan hawa dataran tingginya kok.


Nah itu tadi ulasan untuk Sinsu Amazing Theme Park, sebuah taman wisata edukasi pendatang baru di Wonosobo.
Kalo nilai 1 untuk terendah dan 10 untuk terbaik, Sinsu saya kasih 8.
Recommended kok walaupun masih baru. Semoga pembangunannya bisa segera rampung, kita doakan sama-sama. Supaya nanti pas ke sini lagi bisa bertambah keseruan anak-anak bermain.
Yuk cek aja sendiri biar yakin.
Mau meet up bareng Wawa dan Naila juga boleh.
Bayarin tiketnya ya, uhuk!


#sinsuamazingthemepark
#sinsufamilypark
#wisatakesumbingsindoro
#tempatwisatadiwonosobo
#tempatwisataditemanggung

18 Komentar

  1. Nah untungnya berada di dataran tinggi ya jadi tetap terasa sejuk. Apalagi kalau pendatang dari jauh kan sayang cuma sebentar. Meski sudah dari pagi bisa-bisa sampai siang eksplorasi ya.

    BalasHapus
  2. Ok, recomended ya, ratingnya pun 8. Layak dong masuk daftar destinasi unggulan di wonosobo. Nanti deh kalau pas ke sana, pengen guling2 juga di hamparan rumputnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha..hayuk mbak, tak pinjamin baju peri sekalian..

      Hapus
  3. Iya ya Mbak masih gersang. Tapi tempatnya luas banget. Cocok ini untuk acara komunitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mbak,karena masih baru ya. Pembangunan juga masih terus dilanjut sana sini.

      Hapus
  4. Aku ke Wonosobo Des tahun lalu dan ini belum ada.Bisa nih Sinzu Amazing Theme Park disinggahi kapan waktu. Btw, namanya dari bahasa Jepang ya ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Not Sinzu mbak, but Sinsu alias Sindoro Sumbing, hihihi. Hayuk mbak main ke Wonosobo

      Hapus
  5. Wonosobo tuh asyik ya karena udaranya sejuuuk. Aku pernah sekali berkunjung ke rumah teman di sana. Lantai rumahnya aja duingin banget. Kepengen nih ajak anak-anak main kesana.Kalau di tempat berudara sejuk, mereka kalem. Kalau di udara panas, waduh kemrungsung, hahaha ...

    Itu pemiliknya orang Jepang atau gimana sih, Mbak? Hehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, di sini adem. Makanya kita mlipir dari Bandung, geser ke Wonosobo.
      Pemiliknya pengusaha lokal mbak, Sinsu itu singkatan dari Sindoro Sumbing. Sesuai dengan letaknya yang berada di tengah antara gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

      Hapus
  6. Wih wonosobo punya tempat wisata edukasi yang bagus gini yah. Sejuk banget kayaknya diapit sama dua gunung gitu. Btw, kalau makanannya gimana mba? Foodcourtkah? Ato sistem cafe? Untuk harga karena masih tergolong baru, cukup terjangkau yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistemnya cafe mbak, tapi tetap terjangkau kok. Seperti umumnya harga lokal Wonosobo. Di sini tuh alhamdulillah apa2 serba murah hihihi, soalnya kan kebutuhan pangam dipasok petani lokal :)

      Hapus
  7. Keren banget eksotis banget mbakkuh harus masuk destinasi wisatakuh ini

    BalasHapus
  8. Wonosobo berarti dekat ke Dieng ya, Mbak? Pengin banget ke Dieng, kalau pas longgar jadwal mudik lebaran tahun depan. Kalau berdekatan kan bisa sekalian dismaperin, buat pengganti rest area.

    BalasHapus
  9. Wah, Sinsu Amazing Theme Park benar-benar cocok untuk bersantai keluarga ya?

    BalasHapus
  10. Saya dari dulu penasaran dengan destinasi wisata di Temanggung. Karena ada teman yg tinggal di sana. Kalau ke sana, maunya sih mampir kemana gitu. Makasih infonya tentang Sinsu Park :)

    BalasHapus
  11. Tamannya keren banget. Kelihatan panas, tapi keren.

    BalasHapus