Zona Cerdas Emosi dan Spiritual yang Menguras Emosi

November 23, 2020

 



Zona 3, cerdas emosi dan spiritual sudah berakhir. Apa yang saya dapat dari pembelajaran kali ini?
 
Sejujurnya belajar cerdas emosi dan spiritual kali ini benar-benar menguras emosi. Bahkan ending tantangan ditutup dengan berantem antara saya dengan suami, wkwkwkwk. Padahal suami jadi partner dalam fampro aku sahabat terbaikmu.
 
Bener-bener dah, saking menghayatinya belajar cerdas emosi dan spiritual!
Jadi benar kata pak Dodik, sebagai orang tua three point O kita tak bisa lagi mengganggap diri kita sebagai fasilitator bagi anak-anak. Karena anak hidup berdampingan dengan ikon jamannya (gadget, internet, sosial media, dll), membuat mereka berkembang jauh lebih cepat dari yang kami perkirakan. Sehingga saat anak-anak bertanya tentang sesuatu, wawasannya sudah jauh melampaui dari apa yang kita tahu saat seusianya, bahkan dengan usia kita saat ini.
 
Karena itu sebagai rekomendasi akhir dari zona 3 bersama sahabat terbaik saya (baca: suami), kami sepakat untuk merombak kurikulum belajar untuk kami sebagai partner bertumbuh, juga untuk anak-anak.
 
Memperkaya muatan saat mendongeng, karena kemudian kami menyadari anak-anak cepat sekali menerima pesan dari obrolan yang disampaikan. Dan kami sepakat untuk menjadikan mendongeng sebagai daily dose.
 
"Wajib" merefleksi kesan anak-anak atas sikap kami hari itu, sebelum tidur. Sehingga jika ada luka yang kami torehkan, mari kita basuh sebelum tidur. Agar tak mengendap dan terbawa lebih dalam.
 
Pembagian peran domestikpun disepakati ulang agar semua berjalan pada tempatnya. Dan yang paling penting adalah "update status" kata bu Septi, agar kita menjadi teladan yang membahagiakan (episode 63).
 
Dan sebagai tanda terima kasih kepada suami karena telah membersamai saya di zona cerdas emosi dan spiritual ini, bolehlah minggu ini kita makan mi instan ala-ala alfredo ya (wkwkwk, auto hitung kalori).
 
Dan, saya juga mau berterima kasih kepada salah satu sobatualang di Ibu Profesional Banyumas Raya yang telah mau menerima curhat saya, saat sedang berjuang menyelesaikan zona 3 ini. Arigato.
 
Selamat untuk kita semua yang telah sukses melewati zona 3. Semoga fampronya jadi program berkelanjutan.
 
Wonosobo 19'11'2020,
Hasiah Zen

You Might Also Like

0 Comments

Social Media

Member of

Pasukan Blogger @JoeraganArtikel

KEB ( Komunitas Emak Blogger)

Mom Influencer Indonesia

IIDN (Ibu Ibu Doyan Nulis)

Popular Posts